25.8.12

hal - hal mistis di bali

0
07.53
Hal-hal magis tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat di bali. dari keseharian, upacara atau semacamnya.
masyarakat di bali sangat menghormati sesuatu yang Niskala (tak kasat mata), dan sebagai orang bali saya akan sedikit berbagi apa yang saya ketahui tentang hal2 mistis di bali.

1. Pengleakan
merupakan ilmu hitam yang berasal dari bali, pada umumnya mereka yang melakukan pengeleakan memperoleh keabadian (tidak bisa mati). ilmu pengleakan memiliki beberapa tingkatan itu terlihat dari wujudnya ketika nge-leak, yang paling rendah adalah berubah menjadi seekor dog, sedangkan yang paling tinggi adalah menjadi seekor kera.
Ilmu pengleakan merupakan hal yang tabu untuk dibicarakan di bali, seseorang yang diketahui memiliki ilmu ngeleak tidak
boleh disinggung tentang ilmunya, apalagi berbondong2 kerumahnya sambil membawa obor dan meneriakinya, karena konon seseorang yang ilmu pengleakannya tinggi bisa membunuh orang satu desa dalam satu malam.

2. Leak

berbeda dengan pengleakan, kalau pengleakan adalah ilmunya, sedangkan Leak merupakan mahluk Niskala (tak kasat mata) yang berada di bali. beberapa Leak hanya bersifat mengganggu, namun ada juga yang dapat membunuh seseorang dengan cara yang mengerikan.

3. Rangda
merupakan perwujudan amarah dewi durgha, istri dari dewa siwa (mitologi Hindu bali). Rangda merupakan ratu dari para leak. wujudnya adalah mata melotot, kuku yang panjang2, gigi taring yang sangat panjang, lidah yang menjulur sampai kaki dan terdapat banyak bola api diatas lidahnya dan membawa kain putih di tangannya.
Rangda biasanya muncul di Pura dalem (pura tempat memuja dewa Siwa, selalu berada di dekat kuburan) pada hari2 tertentu,
konon seseorang yang melihat Rangda akan sakit parah selama 3 hari, dan seseorang yang disentuh dengan kain putih milik rangda akan mati dan tidak dapat lahir kembali (Reinkarnasi)
jika anda melihat rangda, sebaiknya lari sekencang2nya ke tempat yang sejauh2nya, jika anda beruntung anda masih bisa hidup lebih lama.
Rangda




4. Celuluk
celuluk adalah salah satu antek2 rangda, wujudnya adalah mata yang berlubang, gigi yang besar2 dan kepala yang botak bagian depan. Celuluk tidak bisa membunuh manusia karena dia adalah Leak yang sangat penakut. namun celuluk sanga suka menakut2i manusia. Celuluk memiliki tawa yang sangat mengerikan dan wujud yang seram, namun jika kita mengancam Celuluk, dia akan ketakutan dan menghilang.
Celuluk biasa muncul di hutan2, sungai, jembatan yang sepi, serta perempatan jalan yang dekat dengan kuburan.
Celuluk lebih sering muncul dihadapan manusia ketimbang leak2 lainnya.

daftar penampakan celuluk yang pernah saya dengar :
- Jembatan besar Nungnung, Petang, Tabanan
- Perempatan menuju pura dalem desa Timpag, Tabanan << kampung saya
- Sungai besar di bawah jalan raya Tanah Lot, Munggu, Badung
- Kawasan wisata kebun raya, Bedugul, Tabanan

Celuluk




5. Calonarang
ini merupakan seni pertunjukan di bali yang masih sering dipentaskan sampai sekarang, pemain calonarang adalah seorang Balian (dukun) yang memilikin kesaktian tinggi, inti dari pertunjukan ini adalah memanggil Leak2 disekitar tempat pertunjukan untuk diadu kesaktiannya dengan leak2 tersebut, jika si Balian kalah maka Balian tersebut akan mati.
acara ini sangat bergengsi dikalangan Balian2 dan umumnya bertujuan untuk unjuk kesaktian atau agar diakui oleh orang lain bahwa dia memiliki kesaktian yg tinggi.
Pertunjukan Calonarang dimulai tengah malam dan para penonton tida diijinkan untuk meninggalkan tempat pertunjukan hingga pertunjukan selesai (biasanya batas tempat pertunjukan diberi garis sebagai pertanda batas pelindung magis si balian kepada para penonton)
jika seseorang nekat meninggalkan tempat pertunjukan sebelum acara selesai, maka dia akan diganggu oleh leak2 yang dipanggil oleh si balian atau bahkan terbunuh.

6. Hari Tumpek Wayang
merupakan hari yang jatuh pada "saniscara kliwon wayang" artinya Sabtu Kliwon wuku Wayang.
hari itu merupakan 1 hari paling angker bagi masyarakat bali, rata2 orang di bali tidak berani keluar saat matahari sudah terbenam, karena pada hari itu semua bhuta kala, leak dsbg sedang dipuncak kesaktian mereka dan lebih sering menampakkan diri.
bagi seorang anak yang lahir pada Tumpek Wayang diwajibkan untuk melakukan ruwatan dan mementaskan pagelaran wayang kulit 1 hari 1 malam sebelum berumur 1 tahun. karena mitos nya, orang yang terlahir di Tumpek Wayang merupakan persembahan bagi Bhatara Kala.

Sumber: http://vixep.forumsrpg.net/t316-mistis2-di-bal

about panji wijaksana

I Gede Nyoman T.A Panji Wijaksana Aku lahir 30 juni 1997. Kini aku masih duduk di bangku SMA Negeri 2 Tabanan. Aku suka berbagi untuk orang lain. Aku mulai bergelut di bidang sosial saat ku berusia 12 tahun. aku juga menyukai dunia TI sejak aku pertama kali memegang komputer (Kelas 1 SMP) hingga saat ini aku suka menggeluti dunia bloging aku ingin berbagi tentang apapun yang aku ketauhi karena ilmu bukan hanya milik sendiri sekian dulu tentang diriku. terima kasih telah berkunjung di sini. .

0 komentar:

Jangan lupa KOMENT yaa!!!!