Pengaruh globalisasi pada perkembangan ekonomi indonesia

sebelum membaca artikel berikut bagit soba yang suka lagu ciptaan ebiet G Ade bisa klik disini untuk mendownload
 
 
 
 
Globalisasi merupakan proses dimana hubungan sosial dan saling ketergantungan antarnegara dan antarmanusia menjadi semakin tidak berbatas. Sedangkan menurut  Selo Soemardjan, Globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah - kaidah yang sama. Globalisasi terjadi pada bidang informasi, ekonomi, serta budaya. Sudah sejak lama pemerintah Indonesia menggembar - gemborkan tentang globalisasi itu sendiri. Dengan harapan masyarakat dan pelaku industri siap menghadapi segala dampak dari globalisasi terutama pengaruh globalisasi pada perkembangan ekonomi Indonesia.
 
Pasar bebas merupakan salah satu bentuk nyata dari globalisasi ekonomi. Pengaruh dari globalisasi pada perkembangan ekonomi Indonesia diantaranya adalah tumbuhnya kreativitas para pelaku ekonomi Indonesia serta semakin mendunia produk - produk buatan Indonesia. Dengan adanya globalisasi, para pelaku ekonomi, memang dituntut untuk semakin kreatif menciptakan produk - produk yang tidak hanya mampu bersaing dengan sesama produk buatan dalam negeri, namun juga harus mampu bersaing dengan produk - produk dari negara lain. Tanpa adanya pengembangan produk, sudah pasti produk mereka tidak akan bisa laku di pasaran. Terlebih sejak CAFTA (China Asia Free Trade Assosiation) diberlakukan, barang - barang dari China mulai membanjiri pasar Indonesia. Tidak hanya bentuk serta tampilan produk yang menarik, namun juga harga yang ditawarkan sangat murah bila dibandingkan dengan produk - produk buatan Indonesia. 
 
Sebenarnya banyak pihak yang menyayangkan mengapa Indonesia ikut menandatangani CAFTA. Tidak hanya karena dunia industri Indonesia dianggap belum siap menghadapi pengaruh globalisasi pada perkembangan ekonomi Indonesia, namun juga karena kondisi internal ekonomi Indonesia yang masih belum stabil. Namun dengan alasan bahwa Indonesia akan menjadi negara yang jauh tertinggal dalam bidang ekonomi bila tidak turut serta dalam perjanjian CAFTA tersebut, maka siap atau tidak, akhirnya Indonesia terlibat dalam pasar bebas Asia.
 
Bagi beberapa pelaku industri, terutama yang selama ini mengandalkan bahan baku import dari China, malah menjadi pihak yang diuntungkan atas masuknya Indonesia ke dalam pasar bebas Asia. Mereka bisa mendapatkan bahan baku dengan harga yang jauh lebih murah karena dilakukannya perjanjian penghapusan tarif import sehingga bisa menekan banyak biaya yang harus mereka keluarkan. Dengan mendapatkan bahan baku yang murah, maka secara otomatis kegiatan industri bisa semakin berkembang. Itu merupakan contoh positif dari pengaruh globalisasi pada perkembangan ekonomi Indonesia. 


Pencarian Terbaru (100)
Perekonomian indonesia. Globalisasi ekonomi. Perkembangan perekonomian indonesia. Perkembangan ekonomi indonesia. Pengaruh globalisasi terhadap perekonomian indonesia. Perkembangan ekonomi di indonesia. Perkembangan ekonomi.
Sistem perekonomian di indonesia. Pengaruh globalisasi. Globalisasi ekonomi di indonesia. Pengaruh globalisasi di indonesia. Globalisasi ekonomi indonesia. Pengaruh globalisasi terhadap ekonomi indonesia. Sistem ekonomi di indonesia.
Perkembangan perekonomian di indonesia. Pengertian globalisasi ekonomi. Dampak free trade terhadap ekonomi pembangunan. Perekonomian di indonesia. Video globalisasi. Pengaruh pasar bebas terhadap perekonomian indonesia. Pengaruh globalisasi terhadap ekonomi di indonesia.
Globalisasi politik. Globalisasi terhadap perekonomian indonesia. Contoh perkembangan ekonomi. Globalisasi di indonesia. Dampak pasar bebas terhadap perekonomian indonesia. Globalisasi ekonomi terhadap kemajuan perekonomian negara. Pengaruh globalisasi terhadap ekonomi.
Pengaruh globalisasi ekonomi. Pengaruh globalisasi pada sistem ekonomi indonesia. Pengaruh globalisasi terhadap indonesia. Perkembangan globalisasi. Pengaruh globalisasi di bidang ekonomi. Masuknya globalisasi di indonesia. Pengaruh globalisasi di bidang ekonomi indonesia.
Dampak perekonomian terhadap kesehatan masyarakat. Dampak perekonomian indonesia. Pengaruh globalisasi terhadap perekonomian. Efek globalisasi bagi indonesia. Pengertian globalisasi di indonesia. Pengaruh globalisasi terhadap perekonomian di indonesia. Perkembangan perekonomian.
Perkembangan perekonomian dunia. Ekonomi indonesia dan globalisasi. Definisi globalisasi ekonomi. Manfaat globalisasi bagi ekonomi nasional. Dampak globalisasi terhadap perekonomian indonesia. Ekonomi globalisasi. Dampak globalisasi ekonomi dunia terhadap perekonomian indonesia.
Globalisasi budaya. Contoh globalisasi ekonomi. Pengaruh perekonomian indonesia. Pelaku ekonomi di indonesia. Perkembangan globalisasi ekonomi. Pengaruh sistim pasar bebas terhadap sitem ekonomi indonesia. Globalisasi ekonomi terhadap perkembangan ekonomi internasional.
Pengertian globalisasi ekonomi menurut para ahli. Pengaruh globalisasi pada perkembangan ekonomi indonesia. Pengaruh sistem pasar bebas terhadap sistem ekonomi indonesia. Contoh perkembangan ekonomi indonesia. Bagaimana manfaat globalisasi bagi ekonomi nasional. Hubungan globalisasi dengan sistem global. Pengaruh dampak pasar bebas.
Perkembangan ekonomi dalam dunia bisnis. Video perekonomian indonesia. Pengaruh globalisasi informasi terhadap perkembangan. Bagaimana pengaruh globalisasi pada sistem ekonomi indonesia. Pengaruh ekonomi global terhadap perekonomian indonesia. Pengaruh ekonomi indonesia. Dampak pasar bebas bagi indonesia.
Pengaruh globalisasi ekonomi terhadap perekonomian indonesia. Pengaruh globalisasi dalam perekonomian. Pengaruh globalisasi indonesia. Sistem ekonomi indonesia dan globalisasi ekonomi. Globalisasi dan pengaruhnya terhadap perekonomian indonesia. Tentang perekonomian indonesia. Perkembangan globalisasi di dunia.
Pengertian globalisasi secara umum. Perekonomian dunia. Pengaruh globalisasi terhadap industri. Pengaruh globalisasi terhadap perkembangan ekonomi indonesia. Dampak free trade terhadap perekonomian indonesia. Implikasi globalisasi pada perekonomian indonesia. Pengaruh globalisasi terhadap pertumbuhan ekonomi.
Dampak positif globalisasi. Pengaruh globalisasi dalam bidang komunikasi. Pengaruh free trade terhadap pembangunan ekonomi indonesia. Perkembangan globalisasi di indonesia. Dampak globalisasi bagi perekonomian indonesia. Globalisasi dalam sistem ekonomi. Globalisasi ekonomi dunia.
Pengaruh pasar global terhadap perekonomian indonesia. Contoh pengaruh globalisasi di bidang ekonomi. Perkembangan ekonomi global. Sejarah perekonomian indonesia. Perkembangan globalisasi di bidang ekonomi. Pengaruh globalisasi terhadap sistem komunikasi indonesia. Globalisasi ekonomi dan dampaknya terhadap ekonomi indonesia.
Pengaruh globalisasi terhadap sistem perekonomian indonesia. Pengaruh globalisasi terhadap kesehatan. 

sumber : http://carapedia.com/pengaruh_globalisasi_pada_perkembangan_ekonomi_indonesia_info2530.html

2 komentar:

  1. Salam kenal, Rare Angon Nak Bali Belog berkunjung ke Blog sahabat, semoga bisa terjalin kerjasama dan persahabatan, walau hanya di dunia mayapada

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas infonya
    ayo ikuti Kompetisi Cerdas Cermat Online Se-jawa timur seri 2.hadiahnya menarik lho :)

    BalasHapus

Jangan lupa KOMENT yaa!!!!